You are here: Home > Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi > advertising and public

advertising and public

Joseph Turow (2009) . Media Today : An Introduction To Mass Communications.3rd Edition – Part Five : Advertising and Public, yaitu memperkenalkan serta memberikan informasi kepada kita bagaimana keadaan media komunikasi di jman globalisasi atau jaman modern serba canggih ini yang memanjakan kita semua karena semua yang ingin kita lakukan dan cari dapat di dapatkan dengan cara yang sangat mudah, simple, dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama untuk semua itu, dan sangat efisien sekali.
Tentu saja kita semua pun telah menyadari dan merasakan yang telah diciptakan karena terus adanya perkembanan teknologi komunikasi. Yang paling popular dan media tercanggih serta tercepat ialah internet. Internet dapat memudahkan kita dalam segala hal, kita dapat berkumunikasi , bebisnis, melakukan transaksi pembayaran, membeli tiket online, berbelanja, mencari informasi yang ingin kita dapatkan, membagi informasi kepada masyarakat luas, dan masih banyak hal lain yang sangat membantu seta bermanfaat untuk kita semua . kita dapat melakukannya dimana pun dan kapan pun kita inginkan, kita dapat mengunakan computer, laptop, dan dapat juga menggunakan smart phone yang sudah aplikasi yang terus semakin canggih, seperti black berry, iphone, ipad,dll. kecangihan serta kemudahan itu semua dapat kita dapatkan melalui aplikasi – aplikasi yang telah dirancang dan dibuat oleh sebuah perusahaan – perusahann pembuat software yang sangat ternama dan populer.
Dengn terus menerus sebuah perusahaan software tersebut menciptakan sebuah aplikasi yang terus bertambah semakin canggih kita harus dapat memanfaat semuanya itu dengan positive sesuai dengan kebutuhan kita. Dan semuanya itu dapat menjadi ancaman buat kita diri kita sendiri bahkan seluruh masyarakat bila tidak dapat memanfaatkanya dengan positive dan baik. Kecanggihan teknologi digunakan untuk kegiatan yang tidak baik dan menyimpang sehingga berakibat kepada tindakan yang negative. Seperti menjadi hacker, menipu nasbah bank, memanipulasi data, dan masih banyak lagi tindakan kejahatan yang dapat dilakukan dengan mudah akibat dari adanya terus menerus kecanggihan tekonologi. Itu semuanya hanya akan merugikan pihak yang dibohongi dan perusahan pembuat software aplikasi yang beriat agar semua kecanggihannya dapat digunakan untuk kegiatan yang baik dan memberikan manfaat untuk semua pihak.
Selain itu media elektronik yang selalu menjadi pusat perhatian kita semua semua yaitu media massa elektronik komunikasi televisi. Kita dapat memilih informasi apa saja yang ingin kita lihat atau tidak serta memilih apakah informasi tersebut bersifat positive serta dapat bermanfaat untuk kita sehingga kita dapat menyaring semua tontna serta informasi yang kita inginkan karena kita dapat menilai dengan sendirinya yang mana yang merasa baik untuk diri kita sendiri. Maupun media massa elektronik ataupun media massa elektronik keduanya juga memiliki kegunaan lainya, selain media massa tersebut dapat memberikan kemudahan serta memberkan informasi secara actual media massa juga dapat memberikam fungsi menghibur untuk kita semua. Contohnya sperti m edia telivisi yang menyediakan tayangan komedi, sinetron, dan bahkan banyak reality show yang mengajarkan manusia untuk mengeri arti hidup dan betapa susahnya beretahan hidup di dunia yang luas ini.
Internet, televisi , media cetak, dan media – media lainya adalah media yang besifatnya khalayak. Maka para pengiklanan pun akan memanfaatkan media – media yang ada untuk terus – menerus mempromosikan jasa atau produk yang ingin mereka promosikan dan di jual kepada seluruh masyarakat. Media seperti televisi pun mendapatkan keuntungan dari para pengiklan tersebut, karena para pengiklan membayar imbalanya kepada media – media sesuai dengan perjanjian harga serta kontrak yang telah mereka sepakati oleh kedua belah pihak. Selain pengiklan harus membayar imbalan di tempat media yang mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki, mereka pun harus mengeluarkan biaya untuk melakukan proses pembuatan iklan tersebut, dan biayanya pun idak kecil. Mereka harus memperhitungkan semuanya itu dengan sangat hati – hati, teliti, dan matang agar mereka tetap mencapai target yang dia iginkan, sehingga perusahaan mereka tidak merasa rugi bahkan dapat mendaptkan keuntungan yang sebanyak – banyaknya. Dan untuk melakukan semua kegiatan tersebut, biasana sbuah perusahaan produk atau jasa tersebut akan menyewa sebuah agency. Agency yang akan bertanggung jawab penuh atas jalanya sbuah produksi dan keberhasilan dari promosi yang ia lakukan sesuia perjanjian yang telah disepakati dengan pihak perusahaan produk atau jasa yang ia tangani.
Semua kegitan beriklan dan berpromos tidak lepas dari usaha atau tim yang di bentuk oleh perusahaan jasa atau produk itu sendiri. Mereka biasa di sebut sebagai tim marketing dan ada juga Public relation di dalamnya. Kerjasama tim sangat dibutuhkan dalam kegiatan mempromosikan barang atau jasa yang hendak mereka tawarkan kepada masyrakat, agar produk atau jasa mereka dapat dikenal dan disukai oleh seluruh masyarakat hendaknya tim maketing sudah mempersiapkan konsep – konsep strategi atau langkah – langkah yang ingin mereka kerjakan. Biasanya project kerja dapat dibuat dalam kurun waktu jangka panjang dan kurun waktu jangka pendek. Tim marketing juga harus mempertimbangkan dan menetapkan target yang harus mereka capai, agar dapat menjadi penilaian apakah semua kegiatan yang telah dilakukan berhasil sukses atau tidak sehingga dapat menjadi bahan evaluasi semua pihak yang berhubungan dalam kegiatan berpromosi tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply