You are here: Home > Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi > Youtube, Jejaring sosial ampuh.

Youtube, Jejaring sosial ampuh.

Sebagai pengimagesguna sejati komputer pasti kehidupannya tidak jauh dari hal berbau internet. Apabila kesehariannya suka menggunakan internet, pasti tidak asing lagi dengan jaringan sosial dan youtube. Jaringan sosial secara umum diketahui hanya sebuah alat komunikasi cyber yang mengharuskan mengakses internet.Jaringan sosial terus dimodifikasi, jaringan sosial dapat digunakan untuk berbisnis dan membantu berhubungan dengan orang asing sesuai dengan kepentingan. Website terfokus pada media agar dapat menyediakan jaringan sosial secara terpisah. Misalnya, Flickr (untuk berbagi foto), Last.FM (untuk mendengarkan musik), dan YouTube (untuk berbagi video).

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang mantan karyawan paypal. Umumnya video-video yang di upload di YouTube adalah cuplikan film, film, acara televisi, musik klip, dan video buatan sendiri. YouTube adalah sebuah situs web untuk berbagi video populer dan menjadi platform untuk situs berbagi video. Youtube dibuat tidak hanya untuk berbagi video namun juga menawarkan pengguna menampilkan profil pribadi. Dirasa pengguna YouTube menggunakan situs ini secara teknis dan sosial untuk mengakses video dan kemudian pengguna dan anggota membuat lingkaran sosial diantara mereka. Secara khusus, jaringan sosial memfasilitasi sosialisasi yang tersebar di antara teman-teman. Youtube diciptakan dengan alasan penelitian bahwa jaringan sosial dibuat bukan hanya untuk menjalin persahabatan. Walaupun seperti itu YouTube dianggap terlibat lebih dari interaksi publik atau swasta. Melalui pemeriksaan dua kategori yang menyulitkan dikotomi ini-“swasta publik” dan “publik pribadi”. Hal ini menunjukkan bahwa video-video YouTube telah bervariasi sesuai dengan kebutuhan individual dan sesuai dengan berbagai jenis hubungan sosial.

Publicly Private Beberapa pengguna YouTube seringkali memberikan informasi secara lengkap mengenai identitas diri mereka. Terkadang mereka membuat video kreatif dengan konten yang menarik dan mempromosikan secara agresif, agar dapat dilihat secara luas dan menyebarluaskan video mereka. Tindakan seperti itu dapat digolongkan sebagai “publik swasta,”. Dikarekan mereka menampilkan identitas mereka untuk mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri.

Privately Public Dikatakan menjadi “publik pribadi” apabila pengguna membuat koneksi dengan masyarakat luas, tetapi tidak menyantumkan identitas diri sama sekali. Masyarakat yang terlibat dalam kategori ini terkadang hanya merahasiakan beberapa aspek tertentu dari identitas mereka. Namun daftar teman tetap ditampilkan dan tetap memperluas basis pelanggan. Penggunan pun tetap membuat video dengan isi yang dapat diakses secara luas. Jenis-jenis jaringan sosial yang dibuat memang diciptakan agar para pengguna dapat log-masuk dan log-keluar. Dan dijaga ketat kerahasiaanya agar tidak terjadi penyelewengan dalam dunia internet. Setiap pengguna yang sudah mempunyai aku juga dimungkinkan untuk merahasiakan setiap video/foto/tulisan terpilih kepada publik. Jadi tidak semua publik dapat melihat video/foto/tulisan yang ditampilkan tanpa seizin pemilik akun. Saat ini jaringan sosial semakin meluas dan semakin terpisah-pisah. Artinya untuk melihat foto, blog, semi-blog, video, instan messaging, dan lain-lain, memiliki situs sendiri-sendiri. Terlebih lagi saat ini diciptakan sebuah software yang memiliki akses untuk situs-situs web yang digunakan. Dengan kata lain teknologi membuat semuanya menjadi lebih kompleks namun terasa begitu mudah.

di jaman sekarang semua teknologi yang serba canggih terus dapat memanjakan kita semua, bahkan mau terkenal pun dapat dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang. contoh saja dari kasus yang sedang booming sekarang ini ialah Briptu Norman kamaru yaitu polisi yang berasal dari gorontalo. mungkin awalnya dia hanya ingin menghibur sesama rekan polisinya yang sedang sedih karena bertengkar dengan istrinya. di bernyanyi dan berjoget ala bintang bolywood yang sangat terkenal, yaiutu aktor asli dari india bernama Syahrukan, polisi Gorontalo itu bernyanyi dan berjoget dengan lagu chaiya chaiya. tetapi semua itu tidak menimbulkan hasil yang baik, karena temannya tidak memberikan reaksi apapun, temannya hanya sibuk bertengkar dengan istrinya melalui hand phonenya. salah seorang teman briptu norman pun ada yang merekam semua adegan tersebut dari wal sampai lagu chaiya chaiya itu berakhir, dan mungkin temannya briptu norman kamaru awalnya hanya sekedar iseng dengan mengupload video tersebut ke situp you tube. rekaman yang berjudul polisi gorontalo menggila yang berdurasi selama 6 menit 30 detik itu ternyata di sukai daan membuat orang penasaran untuk menglihat vidio polisi gorotalo menggila tersebut, hingga saat ini sudah 2.519.050 viewer yang sudah menggungah viseo tersebut. dan sekarang polisi gorontalo itu disebut – sebut sebagai artis dadakan yang cepat sekali mendapatkan popularitasnya, itu semua terjadi karena adanya you tobe.
jadi setelah saya membaca dan memahami arikel http://jcmc.indiana.edu/vol13/issue1/lange.html yang berjudul “ Publik Swasta dan pribadi Publik: Jaringan Sosial di YouTube ” saya berpendapat bahwa di awal artikel tersebut dijelaskan terlebih dahulu tentang yuo tobe dan di setelah itu di bagian tengah hingga artikel mulai diberikana contoh tentang fungsi, cara gunannya, manfaatnya, dll. semua itu dijelaskan berdasarkan fakta – fakta contoh yang ada dalam kehidupan realita yang kita temukan setiap saat. dan penelitian itu bersifat koalitatif, karena penelitiannya berdasarkan survey dengan cara wawancara langsung, dan peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan hasil – hasil berdasarkan fakta yang sesungguhnya. dan artikel ini sangat bagus sekali karena di dalamnya semua dejelaskan secara terperinci dan mendatail, sehingga dapat membuat para pembacanya untuk memahami artikel dan apa yang diinginkan langsung oleh si penulis artikelnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply