You are here: Home > Tugas Perkembangan Teknologi Komunikasi > When do children need their own mobile phones?

When do children need their own mobile phones?

is677068Setelah membaca judul dari artikel “When do children need their own mobile phones?”, saya menjadi sangat tertarik untuk membaca dan menanggapi artikel tersebut. Di dalam artikel tersebut ternyata banyak sekali informasi yang bisa saya dapatkan sehingga saya sekarang dapat mengetahui bahwa di lingkungan masyarakat di luar Indonesia seperti Amerika yang negaranya telah memiliki teknologi komunikasinya sudah sangat maju ternyata masih ada kekhawatiran orang tua terhadap anaknya untuk memberikan sebuah mobile phone / handphone.

Contohnya saja dari artikel yang telah saya baca bahwa terjadi kekhawatiran si Penulis pada anaknya. Padahal anaknya saja sudah meminta dan merengek untuk dibelikan mobilephone /handphone selama 1 tahun, tetapi si Penulis masih ragu untuk memberikan mobile phone / handphone kepada anaknya. Menurut si Penulis anaknya masih berusia 8 tahun sehingga ia berpikir bahwa anaknya pun masih belum terlalu membutuhkan sebuah mobile phone / handphone. Dan anaknya meminta handphone yang terbilang cukup canggih dan mahal sehingga si Penulis juga merasa anak umur 8 tahun masih belum pantas menggunakan smart phone seperti Iphone.

Si Penulis pun mulai memikirkan kembali apakah anaknya benar-benar membutuhkan mobile phone dikarenakan pada suatu hari anaknya harus mengikuti study tour yang diadakan sekolahnya dan study tour ini berlangsung selama 2 hari 1 malam sehingga anak dari si penulis harus menginap selama 1 hari. Perjalanan study tour ini pun sangat jauh dan tentunya si Penulis merasa cukup khawatir dengan anaknya karena ini pertama kali bagi anaknya. Ia berpikir akan sangat sulit untuk berkomunikasi untuk mengetahui keadaan anaknya itu.

Lalu si penulis pun akhirnya berpikir untuk mencari mobile phone / handphone untuk seusia anaknya. Setelah mencari tahu tentang beberapa mobile phone / handphone ia menemukan Teddyfone. Teddyfone merupakan mobile phone yang diperuntukan untuk anak-anak, mobile phone ini berbentuk seperti beruang dan memiliki banyak fitur yang cukup bagus dan mendukung. Bahkan Teddyfone ini memiliki fitur untuk melacak keberadaan si anak dan juga layanan SOS yang dapat mengirimkan pesan ke 3 nomor yang telah didaftarkan sebelumnya. Namun ia menyadari bahwa Teddyfone dapat membuat anaknya tidak terlalu senang dan mungkin dapat kurang dihargai juga oleh teman – temannya. Setelah si penulis terus mencari dan akhirnya ia  pun menemukan smartphone bermerk Samsung Tobi. Samsung Tobi merupakan smart phone yang cukup bagus dan baik untuk digunakan anaknya. Smart phone ini juga mempunyai fitur SOS dan GPS seperti Teddyfone dan juga banyak fitur lainnya seperti game tetris dan di case bagian belakang dapat dimasukan foto. Lalu si penulis dan anaknya setuju yaitu Samsung Tobi mobile phone yang cocok untuk anaknya.

Namun walaupun mereka setuju, si penulis masih ragu. Hal ini disebabkan oleh informasi yang didapatkannya dari internet bahwa kebanyakan artikel yang dapat ditemukan di search engine manapun tentang “mobile phone untuk anak – anak”, 50% dari hasil pencariannya pasti menitik beratkan kepada masalah kesehatan dari anak – anak tersebut ketika menggunakan mobile phone.

Saya sependapat dengan si penulis, karena menurut saya anak berusia 8 tahun yang baru saya meniginjak sekolah dasar ialah masa – masanya seorang anak untuk bermain dan mengembangkan bakat – bakat mereka yang positifnya, contohnya saja mereka bisa berkreativitas dengan seni gambar, musik, les pelajaran – pelajaran yang ada di sekolahnya. Mobile phone / handphone ini pun dapat merusak  saraf mereka. Tingkat Penyerapan Spesifik pada anak-anak sepertinya lebih tinggi dibanding orang dewasa, karena pancaran panjang gelombangnya lebih dekat pada keseluruhan  getaran frekuensi bagi orang yang bertubuh lebih pendek. Badan peneliti kesehatan pun juga menyimpulkan bahwa radiasi dari handphone dapat menyebabkan tumor otak. Oleh karena itu ada baiknya tidak memberikan mobile phone pada anak – anak, jika komunikasi yang dikhawatirkan, tentu saja anda dapat menghubungi guru ataupun orang yang mengawasi serta bertanggung jawab saat itu. sebaiknya orang tua dapat membelikan game yang yang edukatif seta memberikan banyak pengetahuan, sehingga otaknya akan bekerja dengan baik untuk berpikir memecahkan masalah – masalah yang terdapat dalam game –  game tersebut.

Dan bila dalam keadaan yang benar – benar sudah mendesak sehingga mengharusakan si orang tua untuk membelikan  mobile phone/ handphone, sebaik cari lah mobile phone/ handphone yang tidak terlalu canggih dan mahal karena dapat menimbulkan dampak kejahatan sosial di lingkuan masyarakat sekitar, serta harus terus dalam pengawasan orang tuanya untuk memantau kegiatan – kegiatan yang dilakukan anaknya dalam  menggunakan mobile phone/ handphone yang dia sudah miliki. Orang tua pun harus turut ikut peran dalam memberika bimbingan serta pengetahuan – pengetahuan tentang kegunaan mobile phone/ handphone yang benar dan positif, agar si anak dapat mengerti dan memahami fungsi mobile phone/ handphone. Dan jangan biarkan anaknya memainkan mobile phone/ handphone dalam waktu yang cukup lama serta berikan perhatian lebih terhadap anaknya.

Mungkin sekian tanggapan yang saya dapat berikan, dan bila ada kesalahan saya mohon di maafkan, terima kasih.

http://www.wired.co.uk/news/archive/2010-06/21/children-need-mobile-phones

Nama : Yulie wijaya

NIM: 1301033923

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

34 Responses to “When do children need their own mobile phones?”

  1. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with some pics to drive the message home a bit, but other than that, this is great blog. A great read. Ill definitely be back.

  2. Long Schrenk says:

    Hello this is amazing site! really cool and it will be a new inspirations for me

  3. i’d love to share this posting with the readers on my site. thanks for sharing!

  4. hi!,I really like your writing so a lot! percentage we keep in touch extra about your article on AOL? I need an expert in this space to unravel my problem. Maybe that’s you! Taking a look forward to look you.

  5. SepCissegop says:

    play [url=http://www.backgammon.vg/]backgammon[/url] online for fun or real money. join live [url=http://www.backgammon.vg/]online backgammon[/url] players and win real money.

  6. I reckon something really special in this website .

  7. Often, it is tougher in case you happen to be desperate to find techniques on how to search for these kinds of luxurious apartments then you know where to begin and won’t go missing always.

  8. hey there and thank you for your info – I’ve definitely picked up something new from right here.I did however expertise a few technical points using this site, as I experienced to reload the website many times previous to I could get it to load correctly.I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and could damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.Anyway I am adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective fascinating content.Make sure you update this again very soon

  9. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  10. This is a great blog. Thanks for all your effort and also the info you give.

  11. hho greece says:

    As I website possessor I believe the content matter here is rattling fantastic , appreciate it for your hard work.You should keep it up forever! Good Luck

  12. More often than not I tend not to make comments on websites, however I have got to remark that this particular post really pushed me to take action. Truly brilliant content.

  13. Hey, thanks for the awesome posting. I’m having troubles with subscribing to your blogs feed. Thought I’d let you know 😉

  14. Great post, I admire the writing style 🙂 A little off topic here but what theme are you using? Looks pretty cool.

  15. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts. After all I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

  16. LEEK says:

    How much should i weigh http//howmuchshouldiweigh.us

  17. ספות says:

    ארונות הזזה ועוד מומלץ לרכוש ברהיטי לובלינר.

  18. I will also like to mention that most of those who find themselves with no health insurance are usually students, self-employed and people who are laid-off. More than half on the uninsured are under the age of Thirty five. They do not think they are wanting health insurance simply because they’re young along with healthy. Their income is generally spent on property, food, plus entertainment. Lots of people that do work either whole or part time are not given insurance by way of their work so they head out without due to rising price of health insurance in the usa. Thanks for the thoughts you discuss through this blog.

  19. Rattling clean web site , thankyou for this post.

  20. Sweet site, super layout, very clean and utilize genial .

  21. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

  22. Um ma’am, ur thong is showing.

  23. The architect’s arguments, of line , talking nearly the deep moil on facts , based on which he makes such creative conclusions.Fast Cash Loan Online

  24. Howdy! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any suggestions?

  25. q3s4f5thvr56 says:

    Hi! I just found your great site with Google and i love it!

  26. buy tramadol says:

    Great work, webmaster, nice design!

  27. Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to more added agreeable from you! However, how could we communicate?

  28. What hosting company are you using for your blog? I looking hosting for my http://mypokernewssite.com site.

  29. Kellie says:

    I guess it is. nice stuff, I agree totally.

  30. Kranzband says:

    Some genuinely nice stuff on this internet site , I love it.

  31. this is so good. i wish to meet you one day.

  32. photo gay says:

    Hey! This is my first comment here so I just wanted to tell you that I enjoy reading your articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same subjects? Thanks for your time!

  33. Beth Save says:

    nice content, how we can blogroll?

  34. liendutz says:

    thx for reading my post..
    just read my another post next time.. ^^

Leave a Reply